Petualangan Alia

Petualangan baru dimulai satu bulan yang lalu. Aku memantapkan diri untuk pergi lagi dari Purwakarta, mencoba peruntungan di kota yang sama sekali tidak menarik untuk aku singgahi. Cikarang.
Pekerjaanku sebagai RnD yg membawaku berdiri sampai disini.

RnD di sebuah perusahaan fmcg sangat sangat sangat seru, aku banyak eksplorasi disana sini, petualangan baru, ilmu baru, manfaat baru, dan insight baru.


Berkoordinasi dengan banyak departemen, melakukan trial, uji coba, validasi, implementasi skala pilot, sampai siap produksi komersil. 
Secara garis besar, roleku tidak jauh berbeda dengan perusahaan sebelumnya.
Yang berbeda adalah atasanku yang bekerja nunjauh di China dan intensitas kerja yang lebih tinggi.

Masalah berbahasa, gaya presentasi, pola atur waktu jaaaaaaaauh berbeda ketimbang perusahaan sebelumnya. Ini yang membuatku tertarik.

Selama kurleb 5 tahun jadi RnD, ada beberapa poin yang jadi ilmu baru untuk dipelajari:

1. Communication skill
Memiliki atasan yang berbeda bahasa tuh, challenging banget. Banyak hal diluar pekerjaan yang perlu dikomunikasikan dengan atasan seperti cuti, payroll, insurance, dsb. Terkadang aku sulit mengartikan pelafalan atasanku.

Caraku menghadapinya adalah tidak sunkan, apalagi malu meminta dijelaskan 2x, kalau masih sulit dicerna, minta atasanku untuk menulis perkataanya, somehow, writing dan reading lebih baik dari listening dan speaking.

Cara lain adalah PRACTICE. Practice makes perfect, kalimat yang benar nyata adanya. Seringlah berbicara di meeting, walaupun gak diminta. Aku termasuk yang tidak percaya diri saat berbicara bahasa inggris, tapi aku berusaha kesampingkan perasaan malu ini. Fokusku adalah meningkatkan kualitas komunikasiku dalam bahasa inggris, jadi yaaa gak apa-apalah malu sedikit.

Bukan cuma bahasanya, saat aku menjalankan sebuah project, cara berkomunikasiku dilatih. Bagaimana caraku menyampaikan pesan ke tim, dimana masing-masing bagian/personil punya karakter, kebiasaan, dan kepentingannya berbeda. Dalam sebuah tim, jangan sungkan untuk selalu bilang tolong, maaf, terima kasih. Sebab dasarnya orang itu gak suka disuruh-suruh, secara gak sadar, saat leading project, kita perlu mengajak rekan kerja untuk mau kerja dibawah perintah kita. Tutur kata sopan jadi jurusku, agar "perintah" ku ini gak jadi diartikan sebagai sebuah keterpaksaan, melainkan sesuatu yang perlu dikerjakan bersama.

2. Data analysis
RnD sering kali dijadikan sebagai acuan atau referensi dalam membuat sebuah keputusan besar yang menyangkut pada kebijakan perusahaan. Data RnD dianggap penting karena ada penilaian kualitas, data simulasi, skema dan proyeksi investasi untuk beberapa tahun kedepan.
Tanggung jawab terhadap laporan dan data RnD cukup besar buatku. Jadi jangan pernah asal saat melakukan eksekusi dan pengolahan data.
Program komputerisasi yang common seperti
SAP dan microsoft excel, akan dikuasai seberjalannya waktu.

Sebelum trial, kita perlu menghitung berapa banyak data yang presentatif yang diperlukan. Selain itu perlu juga mengetahui berapa banyak waktu, material dan manpower yang diperlukan saat eksekusi trial. Menurutku analisis sebelum eksekusi project itu penting, agar aspek waktu, material, man power dapat digunakan se-efisien dan efektif mungkin.

Ada banyak metode yang serupa seperti, SMART plan, SWOT analysis yang bisa membantuku dan mungkin kamu dalam merencanakan project.

What do you want to know next?
Xoxo
Alia S

Tidak ada komentar