Sabtu, 27 Oktober 2018

KENAPA BLOG? | ALIA SULISTYANTI


Hai!

27 Oktober 2007 lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika, Bapak Muhammad Nuh, membuat sebuah acara untuk mewadahi para blogger di Indonesia (Sumber: Maxmanroe.com). Ditanggal 27 Oktober 2018 ini, lagi-lagi collab sama BHB untuk share pengalaman dan cerita alasan aku ngeblog.



Kenapa blogging?



Dulu pas masih bocah aku suka bercerita dan curhat tentang masalah pribadi, cinta2an gitu deh. Tapi setiap cerita ke teman, suka bocor.. tetiba satu sekolah tau. Agak memalukan dan aku gak suka. Akhirnya ngotot minta mama beliin buku diari, habis 5 buku selama 4 tahun, buku diarinya dikubur di pot taneman nya mama di depan rumah. Drama kan? Iya. Saking gamau ada orang yg tau isi buku diari itu apa.



Tahun terakhir di SMP, aku dikenalkan dengan platform blogger di mata pelajaran ilmu komputer. Katanya di platform itu aku bisa nulis apapun yang aku mau yang bisa aku share.
Pas SMA, mulai deh tuh beralih dari buku diari ke platform blogger. Isi blog ku apa? Curhatan semua, lagi marah sama orang, lagi jatuh cinta, lagi sedih, semuanya. Tentu aja, curhatan2 ini gak aku post, Cuma jadi draft.



Beberapa tahun kemudian, aku lulus kuliah. Aku diajak nulis dan dibayar untuk tulisannya. Seneng dong, ye kan. Baru lulus, masih pengangguran terus bisa dapet uang hanya dengan membuat tulisan.

Entah kesambet apa, tapi tahun lalu aku nulis tentang skripsi ku. Antioksidan. Aku bikin bahasa tulisannya lebih luwes, gak sekaku di skripsi. Biar orang gampang bacanya, aku kasih gambar-gambar biar kebayang apa yang sedang aku bicarakan ditulisan itu, aku bikin skema pemikirannya (mind map)... Dan terus aku share ke beberapa temenku lewat email.

They appreciated my article.

Seneng banget nih, ternyata artikel yang bermanfaat, yang bisa dibaca orang, bisa selipin gambar-gambaran ke artikel pangan. Menyatukan seni gambar dengan pangan.. itu prestasi membanggakan buatku (maklum, pengen banget sekolah arsitek tp gak kesampean, jadi suka ngarep ada moment dimana teknologi pangan dan seni dipersatukan...)

Pekerjaan utama saat ini bukan sebagai blogger sebenarnya. Tapi sekarang jadi lebih sering buat tulisan dan lebih serius, apalagi setelah aku masuk ke komunitas blogger. Banyak banget ilmu-ilmu yang aku dapet untuk memperkaya pengetahuan aku tentang blog. Misalnya kayak cara menentukan niche blog misalnya, pasang widget, cara biar website kita jadi Top Level Domain, dsb.
Menulis juga jadi pengalihan issue dari ke-stres-an akibat kerja, hehe. Ketika menulis, pikiranku teralihkan dari kepenatan. Pikiranku lebih terbuka saat banyak browsing dan membaca untuk bahan tulisan diblog.

Sejauh ini buat ku pribadi, blog sangat bermanfaat. Semoga bermanfaat juga untuk para pembacanya.


Komunitas bloggernya apa, Al?

Sering banget aku mention di tulisan2ku di 2018 ini, iya Bandung Hijab Blogger. Semenjak join di komunitas ini, sedikit demi sedikit blog ku jadi lebih teroragnisir dan rapih. Jadi tahu kalau setiap blog harus punya ciri khas. Masih dalam tahap pembetulan dan mencari niche yang cocok sih.. tapi we’re working on it. Really thank you to Lintang and BHB J.


Special additions

Bandung Hijab Blogger kali ini engga hanya ngajak collab membuat tulisan, tapi juga ngajak teman-teman untuk berpartisi pasi dalam membantu korban bencana gempa di Palu dan Donggala.
Bencana gempa ini terjadi beberapa minggu lalu sebenarnya, saat ini mereka masih dalam masa pemulihan (recovery).. mereka harus bangun rumah lagi, menemukan mata pencaharian yang baru, dan menyembuhkan korban – korban yang terluka. Yuk! Bersama-sama membantu saudara kita disana.
Gak perlu takut atau malu sama jumlah donasi atau barang yang bisa kita kasih ke mereka. They just need our help, even little. Pepatah legendaris mengatakan, sedikit-sedikit menjadi bukit. Donasi sedikit-sedikit, ketika disatukan dengan teman yang lain akan menjadi banyak juga kok. 


Cara donasinya gimana?

Kalian boleh transfer ke no rekening yang ada di gambar dibawah ini yaa
Untuk kalian yang mau kasih bantuan berupa makanan, pakaian atau kebutuhan lainnya, barang tersebut bisa langsung dikirimkan ke Kantor ACT HUMANITY JABAR. 


Kantor ACT Humanity Jabar : 
Jl Gitar No 21 RT 02/10 Kelurahan Turangga Kecamatan Lengkong, Bandung, Turangga, Jawa Barat 40264

Yuk bantu teman kita di Palu dan Donggala! See you on the next post, ya.
Eh iya! Jangan lupa mampir ke blog Ika untuk tau alasan Ikha ngeblog yhaa. (klik disini!)

Love,
Ale.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar