Kamis, 16 Agustus 2018

DI KAMBING HITAMKAN : SUSU KENTAL MANIS Pt.2 | ALIA SULISTYANTI




Lanjut dari artikel sebelumnya, ada perlunya masyarakat, kita, kenal lebih dekat tentang susu kental manis. Kan.. Tak kenal maka tak sayang.

Berawal dari susu yang gampang basi dan gampang rusak, banyak Food technologist yang membuat inovasi-inovasi susu menjadi produk olahan susu, baik itu siap saji atau setengah jadi, yang tujuannya untuk mempertahakan umur simpan susu. Salah satu produk olahannya yaitu Susu Kental Manis.


Based on Cambrige Dictionary, Condensed Milk is one of dairy products which a thick and very sweet milk from which water has been removed. Susu Kental ini diolah dengan mengurangi kadar air dalam susu, sehingga bentuknya kental, konsistensinya lebih padat. Biasanya ditambahkan gula sebagai pemanis dan pengawet makanan alami, jadi orang-orang sering sebut produk ini dengan Susu Kental Manis.

Orang-orang jaman dulu, dulu banget, membuat susu kental karena di daerah mereka banyak ternak sapi, tapi susu segar mereka hanya mampu bertahan kurang dari 1 hari. Jaman dulu orang mau pergi dari satu ke desa aja masih pake kuda.. Kalau gak punya ya jalan kaki. Kebayang kan butuh berapa hari untuk melewati lembah, gunung, sawah, lautan biar bisa jualan susu di derah lain? Nah, saat mereka jual ke daerah lain tersebut, susu udah rusak duluan dan membusuk diperjalanan, akhirnya tidak bisa dijual ke konsumen. Bukannya untung malah jadinya rugi. Lebih banyak waste dari pada income.

Pembuatan susu kental ini juga memudahkan penjual saat transportasi. Berat susu menjadi lebih ringan dan dapat membawa susu lebih banyak dalam satu kali perjalanan. Jadi sangat-sangat menguntungkan bagi produsen dan penyebaran susu ke daerah lain menjadi lebih mudah.

Fungsi lain, pengurangan kadar air pada susu untuk mengurangi potensi masuknya bakteri patogen ke dalam susu yang dapat merusak susu (susu basi). Jadi susu bisa kamu konsumsi lebih dari 1 minggu. Bisa stock susu untuk beberapa minggu, bahkan bulan kedepan. Mungkin kalau bule-bule bisa nyetok susu kental pas musim dingin.. mager keluar rumah karena pintu rumah kehalang salju ye kan.

Well, produk makanan basah biasanya lebih ga awet ketimbang makanan kering. Contoh bolu lebih mudah membusuk dari pada kue kastengel jika disimpan disuhu ruang biasa. Prinsip dan tujuannya mirip2 gini lah dengan pembuatan susu kental tuh.

Proses pembuatan susu kental ini mulanya dengan memanaskan susu pada suhu 65oC-75oC selama 11 menit (proses pasteurisasi) yang tujuannya untuk membunuh mikroba patogen dan menstabilkan susu. Pemanasan diteruskan sampai konsistensi susu cukup kental.
Beberapa produsen menambahkan gula sampai dengan 65%. Yep, gula yang ditambahin cukup banyak yah. Jadi mesti hati-hati ketika akan menggunakan susu kental manis ya.

Karena susu kental manis ini sudah dibilang cukup awet, susu kental manis dapat dikemas dan biasanya dikemas ke dalam kaleng dan dapat bertahan sampai bertahun-tahun (selama kaleng belum dibuka sama sekali yah) dan bisa disimpan tanpa masuk ke kulkas (kuat di suhu ruang).

Jadi SKM bukan susu? SKM memang sudah tidak berbentuk cair seperti susu, tetapi ini adalah salah satu alternatif pengawetan susu dan menjadi satu dari banyak produk olahan susu. Apakah SKM berbahaya? Kandungan gulanya tinggi, jadi memang hati-hati menggunakannya. SKM biasanya dihindari oleh penderita diabetes dan orang-orang yg lagi diet.

1 sendok makan SKM itu sekitar 19 g dan mengandung kalori sebesar  62 Cal, terdiri dari 10 g – 11 g karbohidrat, 2 g lemak, 6.5 mg kolesterol. Sedangkan, 19 g sendok nasi mengandung kalori sebanyak  24 Cal, yang terdiri dari 5 g karbohidrat, 0.1 g lemak, 0 mg kolesterol.



Hell yeah, tiati gengs. Awas diet kalian gagal karena nambahin susu kental manis di roti gandum kalian atau di kopi hitam kalian... Tapi emang nikmat banget sih roti bakar keju susu atau martabak manis cokelat kacang susu.
Tapi sekali lagi yah mentemen... awas gagal diet..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar