Kamis, 21 Juni 2018

SMARTER NOT HARDER


Pernah gak sih kamu ngerasa kerja keras kamu disia-siakan sama atasan? Berkali-kali ditolak dan clueless apa yang kurang dan apa yang harus dibetulkan. Hmmm mungkin ini juga kealamin sama kamu yang lagi skripsi, tugas akhir atau tesis misal.

Pernah dengar pepatah legendaris yang berbunyi : KERJA KERAS BAGAI KUDA? Yep, kebanyakan orang berpikir yang penting kerja keras, supaya apa yang kita mau bisa kita dapatkan.

Buat aku kerja keras aja ga cukup untuk bisa memenuhi goals kita. Yang benar buatku itu kerja keras harus dengan cara/ pola pikir dan strategi yang matang.

Pola pikir kita yang menentukan seberapa efisien dan efektif kerja keras yang dilakukan. Banyak orang langsung action tanpa ada strategi di awal, let it flow banget hidupnya. Tapi menurutku itu ga efisien. Hanya kerja keras saja mungkin bisa membuat kamu buang-buang waktu karena mungkin sebenarnya kerjaan kamu itu bisa dilakukan dalam waktu singkat, dengan bantuan pola pikir dan strategi kita tadi.

Ini sudah era 20an. Harusnya semua sudah serba canggih, apa-apa sudah bisa diakses dengan mudah. Kalau dulu masih pakai tuas untuk mengangkut karung berisi beras dari truk ke gudang penyimpanan, kalau sekarang sudah pakai forklift. Kalau dulu pesan tiket kereta harus ke stasiun dan harus punya waktu luang untuk melakukan itu, sekarang sudah bisa pesan online lewat banyak pilihan apps. Kalau dulu mau keluar negeri, bahkan lintas pulau saja harus naik perahu yang bisa berhari-hari dilaut, sekarang sudah bisa lebih cepat pakai pesawat terbang.

Strategi dan pola pikir andalanku harus melek teknologi. Kenapa? Kadang orang berpikir teknologi hanya bisa membuat kita jadi lupa sama sekitar, atau malah jadi candu dan segala macam yang negatif. Padahal yang bikin teknologi dinilai buruk ya karena pola pikir manusia nya itu sendiri. Teknologi bisa bantu kita mencari jalan mudik lebih cepat dengan gmaps. Teknologi bisa bantu kita cepat merevisi dan menyelesaikan tugas akhir kita, gausah tulis dan hapus berkali2.

Jangan sampai kerja keras kita dibayar murah, pakai strategi mu. Biar capek mu ga terbuang sia-sia. Work smarter, not harder.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar