Jumat, 15 Juni 2018

MUDIK BACKPACKER




Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, ga sampe seminggu. Di Indonesia, identik banget nih sama yang namanya mudik. Nah, aku termasuk salah satu dari banyak mudikers. Kalau waktu dulu, zaman masih sekolah aku mudik bareng keluarga dari Purwakarta. Kadang bareng-bareng sama tante dan sepupu-sepupuku dari Bekasi dan Jakarta. Semua bawa mobil dan bermacet-macet ria (dulu belum ada tol cipali) dan ini bisa sampai 2-3 hari diperjalanan. Fyuhh, capek tapi senang karena ini jadi ajang waktu untuk berkumpul sama sanak saudara.

Kali ini, beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Aku mudik sendiri dan dari Bandung. Tahun ini kantorku liburnya ga bareng dengan kantor teteh dan aa, mereka libur duluan huhu jd terpaksa aku mudik sendiri. Aku naik kereta by the way.

Kalau dulu kan nebeng teteh atau mama jadi barang bawaan bisa seenaknya haha, sekarang aku mesti menghemat barang bawaan karena aku pakai kendaraan umum dan sendiri. Agak takut sih, but challenging.

Disini, aku mau share persiapan aku mudik, mudik a la traveler backpacker ceritanya.
First thing first, planning.
 



Mudik kali ini sekitar 2 hari dijalan (pulang pergi) dan 3 hari di rumah Mbah, jd bawaan ku disusun cukup untuk 5 hari saja.
Tips ku, saat lebaran sebaiknya :
1. Membawa baju yang masih satu undertone. Misal nih, baju lebaran kita warnanya biru, kalau bisa kaos atau atasan lainnya yg kita bawa masih bernuansa biru, atau pilih abu-abu atau hitam. 
2. Khusus untuk muslimah, karena warna-warna baju yang kita bawa masih satu undertone, hijab yg dibawa juga masih bisa dihemat, misal cukup membawa hijab warna biru muda, navy dan hitam. Bisa membawa yang bercorak atau yang polos, up-to-you. Jadi, satu hijab yang kamu bawa bisa dipadu padankan dengan 2 sampai 3 setel atasan yang kamu bawa.
3. Underwear, karena aku hanya 5 hari include perjalanan, cukup bawa 3 pasang saja. Kalau sudah kotor seharian dipakai, bisa kamu langsung cuci dan dijemur, jadi bisa kering dan bisa dipakai lagi untuk besok hari. Jangan malas cuci sambil kamu mandi, misalnya. Pantyliner bisa bantu kamu juga untuk menghemat bawaan underwear kamu.
4. Travel Toolkit. I know, kebanyakan perempuan tuh gabisa jauh dari makeup dan skincare. Rangkaian skin care yg bisa sampai 10 items dan makeup yang bisa kamu bawa lebih dari 10 items. Tipsku, semua skincare aku pindahin ke botol dan jar kecil yang sekiranya cukup ku pakai selama 5 hari. Makeup aku cukup membawa alat yang multifungsi, misal, lipstik orange yang bisa aku pakai sebagai blush, eyeshadow dan lipstik. Mascara yang bisa aku pakai untuk bulu mata dan alis sekaligus. Untuk Makeup, saranku pilih tema makeup yang minimalis dan netral, jd ga banyak effort dan product yang kita pakai. Dandan seminimal mungkin saja yang penting muka kelihatan segar.
5. Extra. Untuk bawaan yang lain sebaiknya bawa yang kamu perlukan. Kalau kamu butuh mengerjakan sesuatu pakai laptop, bawa. Tapi kalau masih bisa ditinggal, gausah dibawa. Biar bawaanmu lebih ringan. Tapi handphone dan kamera menurutku penting dibawa untuk mengabadikan momen lebaran bersama keluarga besar. Jangan lupa, charger!

Hmm, terinspirasi? Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar