Minggu, 13 November 2016

SI JOMBLO RADIKAL BEBAS


Who is Free Radical?
Akhir-akhir ini sedang banyak gebrakan tentang diet sehat (diet detox) dan banyak produk-produk suplemen diet yang menjelaskan bahwa produknya dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas dianggap berbahaya bagi kesehatan tubuh. Nah, sebetulnya apa sih radikal bebas itu?

Radikal bebas itu adalah molekul bebas yang memiliki dengan elektron tidak berpasangan dan bersifat sangat reaktif. Biasanya radikal bebas mencari elektron lain dari senyawa didekatnya dan menyebabkan kerusakan pada senyawa tersebut. Saya mengibaratkan Radikal Bebas itu seperti laki-laki yang sedang mencari pasangan dan  gencar (reaktif) dalam mencari pasangannya. 

Radikal Bebas ini suka enggak pandang bulu, dia suka mencari elektron dari senyawa lain dan menyebabkan senyawa lain itu menjadi tidak stabil. Senyawa yang direbut elektronnya oleh si radikal bebas ini biasanya seperti senyawa karbohidrat, lemak dan DNA dengan cara mengoksidasi. Senyawa-senyawa tersebut berperan sangat penting dalam tubuh, nah kalau stabilitasnya terganggu oleh “perampasan” elektronnya, struktur kimia senyawa tersebut juga ikut berubah dan bisa merubah fungsi asal senyawa itu sendiri. Perubahan struktur kimia ini membuat senyawa yang tadinya penting bagi tubuh ikut-ikutan menjadi radikal bebas dan bisa menyebabkan terjadinya kanker, degradasi enzim, cardiovasicular, mutasi gen atau penuaan dini (OMG!).

source


Dimana Radikal Bebas itu berada?
Radikal bebas itu sendiri bisa berasal dari luar tubuh seperti pestisida, polusi, ozon (O3), radiasi dan percaya atau enggak kebiasaan merokok juga dapat memicu timbulnya radikal bebas ini. Baca juga ini. Kalau ditelaah lagi dan membaca lebih banyak artikel tentang radikal bebas, radikal bebas itu berbahaya ya bagi tubuh. Hal yang akan paling terlihat itu mungkin ketika kita mengalami penuaan dini, para wanita pasti sangat menghindari hal ini. Selain karena keindahan kulit menjadi berkurang, kesehatan badan juga jadi terganggu, kan? Oleh karena itu, masyarakat sekarang sudah banyak concern terhadap pemilihan asupan makanan yang mungkin secara tidak sengaja tercemar baik itu oleh debu, polusi atau lainnya.

Pasangan yang seperti apa yang cocok untuk Radikal Bebas?
Sekarang ini lingkungan sudah tidak sesteril dulu, banyak polusi dimana-mana radiasi, ozon, dan hal itu enggak bisa kita hindari. Terus apa kita harus beraktivitas dalam rumah terus biar tidak terserang radikal bebas? Atau malah jadi tidak mau bergerak kemana-mana? Tentu saja enggak. Kita enggak perlu takut dan jadi insecure yah sama lingkungan kok.

There are always goodness and badness in life. Ada baik buruk, ada hitam putih, ada kaya miskin. Kalau radikal bebas itu badness, pasti ada goodness nya kan? Yang saya tahu, kebalikan dari radikal bebas itu sabeb lakidar... haha. I’m just kidding, don’t be so serious, ok.

Yang saya tahu kebalikan a.k.a penangkal radikal bebas itu adalah antioksidan. Antioksidan dipercaya dapat memberikan sebagian elektronnya kepada radikal bebas, tanpa merubah jati diri antioksidan menjadi radikal bebas juga. Kalau senyawa lain yang dirampas elektronnya akan menjadi tidak stabil, kalau antioksidan akan tetap stabil. Antioksidan dapat mencegah oksidasi yang dilakukan radikal bebas, sehingga radikal bebas tidak menularkan sifat reaktifnya ke senyawa lain dan tidak dapat memperbanyak molekulnya lagi dalam tubuh.



Dimana antioksidan berada?

Antioksidan bisa kamu dapatkan dari makanan juga loh, seperti dari buah-buahan segar, sayur-sayuran, kacang-kacangan dan teh hijau. Perbanyak makan-makanan tersebut untuk mengurangi radikal bebas yang ada dalam tubuh, meskipun kamu masih merasa sehat-sehat saja tapi akan lebih baik untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas itu sendiri, kan? Happy good living!


4 komentar:

  1. Beda yah anak antioksidan mah :))

    BalasHapus
  2. Contoh buah2an nya yg terjangkau gitu apa aja sih kak? Aku jg mau mulai diet nih. Eh mulai hidup sehat mksdnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya tahu, buah2an itu hampir semuanya punya manfaat. kalau kamu cari buah2an yang mengandung antioksidan tinggi, bisa mulai dengan buah manggis atau buah2an yang mengandung vitamin c tinggi seperti jeruk, lemon, jambu batu. dan lain-lain. Nanti aku akan share mengenai jenis2 buah dengan antioksidan tinggi yahh

      Hapus