Sabtu, 29 Oktober 2016

1 GRAM OF CARBS

Source: Pinterest

Sekarang ini kebutuhan asupan makanan bukan hanya untuk memenuhi kepuasan dan rasa lapar atau asal kenyang saja, sebagian besar orang mulai memikirkan kesehatan dan nutrisi yang didapatkan dari makanan tersebut. Karbohidrat merupakan salah satu komponen makro yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai aktivitas. Karbohidrat banyak ditemukan disekitar kita, seperti beras, jagung, singkong, ubi, sagu, dan tepung terigu yang berasal dari gandum.

Namun, masih sedikit orang yang sadar bahwa produk makanan yang sering kita konsumsi terkadang mengandung karbohidrat tinggi, sehingga karbohidrat berlebih dapat disimpan dalam jaringan otot atau dikonversikan menjadi cadangan makanan yang disimpan dalam jaringan lemak pada tubuh. Dengan kata lain, mengkonsumsi karbohidrat berlebih dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas, lebih parah lagi diabetes.

Apa saja sih produk-produk yang mengandung karbohidrat tinggi?

Untuk main course biasanya nasi, soun, kwetiau, bihun, mie dan bentuk pasta lainnya, lalu jagung, dan kentang merupakan sebagian dari beragam jenis karbohidrat. Sering engga sih kalian menemukan menu makanan yang disitu ada nasi disitu ada soun kecap atau tumis jagung atau kentang balado sebagai menu pendamping? Ya, kedua menu itu (nasi dan menu pendamping) merupakan sumber karbohidrat buat tubuh. Atau lebih seru lagi ketika kamu sedang lapar-laparnya dan kamu memasak mie instan yang dimakan dengan secentong nasi.. yang mana yang lauk?. Jika hanya itu saja, maka yang kamu konsumsi hanya karbohidrat. Tubuh kalian butuh nutrisi lainnya seperti protein untuk regenerasi sel, lemak untuk kesehatan kulit, serta vitamin dan mineral yang kamu dapatkan dari buah dan sayur.

Kebiasaan lainnya yang sering saya lihat adalah, ketika seseorang selesai menyantap makan siangnya mereka kemudian mencari hidangan penutup atau pencuci mulut. Nah, biasanya yang dicari itu makanan yang manis-manis, sebagai asumsi untuk menetralkan rasa asin dari menu makanan utama. Biasanya yang dipilih itu seiris kue bolu pisang atau bolu ketan atau permen dengan rasa dingin menyegarkan. Kue berbahan dasar tepung terigu yang sebenarnya tepung terigu berasal dari gandum (jenis padi-padian dengan karbohidrat hampir sama dengan beras per gramnya). Sedangkan permen itu berasal dari gula yang ditambahkan berbagai varian rasa, yang dimana gula merupakan salah satu jenis dari karbohidrat juga. Atau kebiasaan meminum es teh manis setelah makan siang itu menjadi favorit kita semua bukan? Saya juga sering tergoda dengan es teh manis. Apa es teh manis itu juga sumber karbohidrat? Bukan tehnya yang menjadi masalah, tapi gula yang ditambahkan kedalamnya.... Gula itu kan.... Karbohidrat juga.

Dari buku Almatsier tentang Gizi, saya mendapat info jika 1 gram karbohidrat murni itu setara dengan 4 kkal. Terbayang engga jika kamu konsumsi itu lebih dari 50 gram nasi per sekali makan? lalu dikali makan pagi, siang, sore? Kemudian ditambah permen, cokelat, es teh manis, kue basah, dan sepotong brownie? Padahal menurut AKG, seseorang butuh sebanyak 1,800-2,400 kkal perharinya. Awas timbanganmu bertambah hehe J

Lalu apa perlu saya berhenti mengkonsumsi itu semua?

Saya tidak menyarankan untuk berhenti makan nasi atau berhenti makan brownies favorit atau minum es teh manis. Karena tubuh juga masih memerlukan karbohidrat, kan? Semua makanan itu sudah multak menjadi kenikmatan semata semua orang di Indonesia dan saya tidak memungkiri itu kok karena saya juga suka es teh manis dan brownies. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kapan kamu mengkonsumsi karbohidrat itu. Jika makan siangmu sudah banyak menghabiskan nasi dan kentang balado super enak buatan mama, sebaiknya tidak dilanjutkan dengan meminum es teh manis atau memakan kue. Gantilah es teh manis dengan segelaas air putih dan mengganti kue dengan buah-buahan yang juga punya rasa manis (tips: buahnya dimasukin ke kulkas dulu sebelumnya biar ada sensari dingin dan menyegarkan ya!).

2 komentar:

  1. kalo perut buncit nya udah terlanjur ngecilinnya gimana ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senam perut aja. Dan setelah makan jangan tiduran wkwkwk

      Hapus