Senin, 26 Desember 2016

MOTHER'S DAY



Buah engga akan jatuh jauh dari pohonnya..
Like father like son, like mother like daughter..

Begitu banyak kiasan, peribahasa dan quotes yang dapat menceritakan tentang Ibu. Tapi rasanya kalimat-kalimat itu masih sangat kurang jika dibandingkan dengan pengorbanan seorang Ibu.

Bercerita tentang hari Ibu,
Bu, ini buat Ibu.
Terima kasih Ibu, karena sudah membahagiakan saya. Sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan saya. Yang selalu mementingkan kebutuhan saya dibandingkan kebutuhan Ibu sendiri. Yang paling tidak tega melihat saya menangis. Yang tidak pernah bosan menunjukan hal-hal yang baik.
Terima kasih Ibu, karena sudah menemani saya selama 22 tahun ini tanpa pernah meninggalkan saya dan melupakan saya.

Maaf Bu, saya hanya bisa menghabiskan uang Ibu selama ini. Yang lebih sering bilang “gamau makan itu” tanpa menghargai Ibu sudah masak buat saya. Yang lebih sering “iya ntar dulu mah” tanpa melihat seberapa terburu-burunya perintah Ibu. Yang lebih sering bermain didepan laptop ketimbang mengajak ngobrol Ibu. Yang lebih sering keluar rumah ketimbang mengajak Ibu jalan-jalan. Yang lebih sering read chat Ibu, yang lebih sering bikin Ibu jengkel.

Panutan saya adalah Ibu saya.
Saya belajar sulit dan mudahnya hidup dari Ibu. Saya belajar bersyukur dan meminta ampunan dari Ibu. Saya belajar mandiri dari Ibu. Saya belajar tentang hidup dari Ibu. Guru terbaik saya adalah Ibu. Saya beruntung punya Ibu seperti powerpuff girl yang tahan banting. Terima kasih sudah menjadi guru yang baik ya, Bu.

I'm very lucky to have you,


Selalu dalam lindungannya. Aamiin.

Sabtu, 26 November 2016

SUMBER ANTIOKSIDAN

source: pinterest
Pada postSi Jomblo Radikal Bebas” saya membahas sedikit tentang antioksidan. Si penangkal Radikal Bebas. Satu-satunya yang paham bagaimana cara menjinakkan si jomblo satu itu tanpa merusak jatidiri antioksidan. Rasanya seperti benar berbicara tentang dua manusia yang bernama Radikal Bebas dan Antioksidan. Padahal mereka hanya senyawa.

Kali ini saya ingin membagikan sedikit yang saya tahu mengenai antioksidan. Antioksidan itu biasa disebut juga dengan aox, sumbernya bisa dari banyak bahan. Bahan-bahan yang menjadi sumber antioksidan itu biasanya tinggi akan kandungan vitamin A, C dan E, flavonoid atau karotenoidnya.

Vitamin A dan karotenoid

Biasanya vitamin A itu bagus untuk mata dan biasanya ada disatu sumber dengan karotenoid. Contoh sumber vitamin A dan karotenoid ini seperti wortel, ubi kuning,  dan labu kuning. Karotenoid juga punya pigmen warna oranye, jadi bahan pangan alami yang berwarna oranye biasanya mengindikasikan bahwa bahan tersebut tinggi akan karotenoid dan vitamin A.

Vitamin E

Vitamin E ini mengandung tokoferol yang berfungsi sebagai antioksidan. Kalau dilihat dari gugus kimianya, vitamin E banyak terkandung dalam bentuk minyak. Iya kok ada kalanya minyak/lemak juga baik dan memang dibutuhkan tubuh. Bagus untuk kekenyalan kulit. Tapi minyak/lemak yang seperti apa? Biasanya lemak nabati itu lebih baik. Kandungan vitamin E biasanya banyak terdapat pada biji-bijian dan kacang-kacangan atau di alpukat. Contoh biji-bijian yang mengandung vitamin E itu adalah biji bunga matahari atau biasa kita jumpai dengan sebutan koaci, atau kuaci? ya itu yang Hamtaro suka dan biasa suka saya beli saat sedang banyak waktu luang. Selain biji bunga matahati, vitamin E juga bisa didapatkan dari kacang tanah dan kacang almond, dari ikan laut dan udang dan buah zaitun.

Vitamin C

Bahan pangan yang mengandung vitamin C tinggi ini biasanya memiliki asiditi yang tinggi atau rasanya masam. Contohnya jeruk, lemon, apel, jambu batu, nanas dan stroberi dan masih banyak lagi. Bisa jadi buah kesemek juga mengandung vitamin C yang tinggi. Mereka memiliki vitamin C yang banyak dimana semakin asam rasanya makan semakin banyak kandungan vitamin C nya. Namun, vitamin C ini sifatnya sangat tidak stabil alias mudah rusak. Disimpan ditempat panas sedikit atau dikupas dan dibiarkan terbuka sedikit, kandungan vitamin C di bahan tersebut bisa berkurang. Jadi sebaiknya bahan pangan yang mengandung vitamin C disimpan ditempat sejuk atau dingin. Atau setelah apelmu dikupas dan tidak habis sekaligus sebaiknya apel tersebut dibungkus kembali dengan rapat menggunakan plastik cling wrap agar tidak mencokelat.

Flavonoid.

Flavonoid itu seperti karotenoid, senyawa yang memiliki pigmen atau warna. Kalau flavonoid ini memiliki warna merah-ungu-biru. Flavonoid warnanya bisa berubah diantara ketiga warna itu berdasarkan tingkat keasaman bahannya. Untuk pH basa biasanya berwarna biru, sedangkan ungu ke merah itu cenderung memiliki pH lebih rendah atau lebih asam. Contoh bahan pangan yang memiliki flavonoid dimuka bumi ini yang saya tahu cukup banyak kok. Ada stroberi, bunga telang, ubi ungu, manggis, delima merah, buah naga merah, kol ungu, buah bit, buah arbei, rosella dan masih banyak lagi. Tapi, flavonoid sifatnya hampir sama dengan vitamin C, kurang stabil dan mudah rusak apa lagi jika terkena panas.

Antioksidan itu banyak terdapat di sumber pangan alami kok seperti pada sayuran dan buah-buahan bahkan di daging-daginan seperti pada hewan lain. Dan sebenarnya sumber antioksidan tidak hanya dari vitamin-vitamin yang saya sebutkan diatas. Beberapa masuk ke jenis mineral juga. Kamu tinggal pilih mana makanan sehat yang paling kamu suka dan yang paling mudah didapatkan. Enggak selamanya yang sehat itu enggak enak, kan?

 Xoxo
Ale

Jumat, 25 November 2016

INVESTASI


Hai, buat disini yang sudah bekerja dan berpenghasilan cukup... Bagaimana sih rasanya mendapatkan gaji pertama? Senang enggak? Dan kalian habiskan untuk apa gajinya? Apakah semuanya benar-benar dihabiskan? Apa kabar dengan menabung?

Kalau jaman dulu waktu saya kecil, orang tua saya rajin membelikan saya celengan dengan beragam bentuk dan bahan celengannya, micky mouse, garfield, kotak kaleng, silinder kaleng, lebih seru lagi kalau diajak bikin celengan sendiri dari botol minuman plastik atau dari toples yang makanannya sudah habis duluan. Wah banyak deh keunikan si celengan yang bikin saya selalu tertarik untuk menabung. Tapi itu dulu, waktu Mama rajin menyodorkan celengan.

Ketika beranjak dewasa, saya akui saya sudah sangat jarang menabung. Alasannya adalah karena semua barang yang ingin saya beli adalah penting. Mindset yang tidak patut untuk dicontoh yaa, hehe.

Saya perlu meluruskan pemikiran saya tentang menabung. Menabung itu tidak bisa dilihat langsung hasilnya seperti kamu membeli barang, begitu dibayar barang yang diinginkan segera ditangan, kan? Berbeda dengan menabung yang sedikit demi sedikit baru membukit, jadi kamu harus tunggu hasil panennya. Mungkin itu yang membuat saya malah malas untuk menabung, malas menunggu.

Satu hari karena tidak rajin menabung, saya pernah kena batunya. Waktu itu saya habiskan uang saya punya untuk membeli tas baru, seminggu kemudian kacamata saya pecah dan uang saya habis untuk tas baru tadi. Padahal kacamata adalah salah satu item yang sangat saya butuhkan apalagi penderita silindris seperti saya. Saya butuh itu untuk membantu saya dalam membaca dan bekerja lewat laptop. Akibatnya untuk membeli kacamata baru, saya meminta dana ke orang tua dengan janji akan dikembalikan setelah saya mendapat penghasilan. Di akhir kejadian tersebut saya baru sadar kalau ternyata yang saya inginkan belum tentu benar yang saya butuhkan.

Saya jadi kefikiran, bagaimana nanti kalau saya sudah pensiun? Tidak lagi bekerja dan tidak bisa mendapatkan penghasilan bulanan. Tidak mungkin kan meminjam uang ke orang lain tanpa tahu darimana mendapatkan uang lagi untuk mengembalikannya. Kakak saya yang berkecimpung didunia finance menyarankan, bahwa sebaiknya saya mulai kembali membiasakan menabung, meski sedikit tapi setidaknya punya simpanan untuk masa depan. Gaya menabung juga tidak hanya menyetorkan uang ke teller di Bank kok. Salah satunya saya bisa menabung lewat investasi.

Jaman sekarang semua sudah banyak dijangkau, telfonan saja sekarang enggak perlu ke wartel. Kalau mau beli barang kebutuhan rumah tangga mulai dari makanan, minuman, perkakas dapur, peralatan mandipun kamu enggak harus ke toserba dipusat kota, kan? Banyak minimarket yang menjamur di penjuru daerah bahkan ditempat-tempat terpencil seperti di desa.

Penjamuran minimarket ini menjadi daya tarik saya untuk menjadi salah satu tempat untuk berinvestasi. Semua orang pasti akan mencari tempat yang dapat menjual semua kebutuhan rumah tangga di tempat yang mudah dijangkau juga. Nah, bicara tentang warung, kamu bisa join di Investasi alfamart. Investasi alfamart memberikan kesempatan untuk berbisnis bersama alfamart yang sudah menyediakan sistem manajemen yang tinggal dijalankan, bahkan sampai ke ide promosinya juga pihak alfamart sudah menyediakan. Jadi buat saya yang pemula di dunia bisnis atau kamu yang baru mau belajar bisnis, bisa jadi pilihan awal. Lagipula semua orang sudah kenal dengan Alfamart, jadi enggak perlu terlalu khawatir akan kalah bersaing di pasar. 

Persyaratannya juga tidak sulit kok, yang penting WNI, jarak antar franchise alfamartnya tidak berdekatan dan mengajukan atas nama badan usaha seperti koperasi misalnya. Wah wah.... Alia hanya perlu mulai kembali menabung di celengan sampai cukup modal dan ajak kerabat untuk join di Investasi alfamart. Apakah kamu tertarik juga?


Selasa, 22 November 2016

A MOMENT TO REMEMBER

Foto itu menurut saya sebuah cerita perjalanan hidup, banyak cerita difoto itu baik cerita tentang siapa saja yang ada dalam frame, tempat pengambilan gambarnya itu dimana, siapa yang memotret, ada kejadian apa sebelum dan sesudah pengambilan gambar itu, apa yang dikenakan oleh si orang dalam frame, atau bagaimana hubungan orang-orang dalam frame itu. Banyak hal yang bisa dijabarkan dalam sebuah foto.

Menurut saya banyak makna dari setiap foto yang diambil. Meskipun saya bukan orang yang addict dengan dunia fotografi, tapi saya selalu ingin menyimpan momen-momen yang saya alami dalam sebuah gambar (foto) karena Saya ingin dapat menceritakan perjalanan hidup Saya ke anak cucu kelak. Ada pelajaran yang mungkin bisa diambil dari kejadian itu. Ketika saya merayakan ulang tahun saya dimasa kecil, saat saya digendong sama ayah saya, saat saya belajar mengaji oleh kakak saya, atau saat saya menangis karena tidak diajak bermain oleh kakak saya.

Meskipun kamu juga bukan jago fotografi, tapi kamu pasti ingin menyimpan sebuah momen berharga, kan? Seperti foto pernikahan, foto wisuda, foto naik haji atau foto lahiran anak. Foto saat kamu kecil, remaja, dewasa, jadi orang tua, jadi kakek nenek. Foto itu seperti waktu yang bisa kamu pause. Everybody has a moment to remember and needs to keep it in a frame.

Terkadang kita enggak bisa mengambil gambar sesuai dengan aslinya karena kualitas kamera kita yang kurang memadai. Kadang hasil foto buram, kadang terlalu gelap atau terlalu terang, lensa kamera tidak mau fokus, atau terkadang kualitas gambar yang diambil tidak jernih. Sekali lagi, meskipun saya bukan orang yang addict dengan kamera, saya ingin punya satu untuk saya bisa bawa kemanapun saya pergi.

Saya sering browsing lewat photographerblog, e-koran, forum internet mengenai kamera yang mirip dengan kamera DSLR. Katanya sih kamera ini lebih ringan dan lebih kecil dari DSLR, namun memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda. Banyak yang bilang ini adalah kamera mirrorless.


Perbedaan lainnya dengan DSLR, kamera ini tidak memiliki mirrorbox seperti pada DSLR, jadi kalau kamera mirrorless ini tampilan gambarnya keluar lewat LCD, tidak harus kita intip lewat lubang kecil seperti di DSLR.

Penggunaan kamera mirrorless juga lebih mudah dan lebih simpel dibandingkan dengan DSLR yang perlu diatur komponen lain seperti autofokus, brightness, banyak masukan cahaya dan lainnya. Jadi, cocok lah untuk saya yang tidak terlalu paham dengan fotografi.

Karena desainnya yang lebih simpel dan ringan, kamera mirrorless ini juga cocok untuk dibawa travelling. Berminat cari kamera ini? Banyak kok pilihannya dari berbagai merk dan kualitasnya. Kalau kamu mau banyak info tentang situs beli kamera ini, Saya menyarankan untuk buka website MatahariMall.com. Disitu banyak pilihannya, kamu mau merk apa dan desainnya seperti apa.

Kamu hanya perlu mengetik kamera mirrorless di search bar situsnya. Kamu juga bisa atur tampilannya berdasarkan daftar harga kamera mirrorless dibagian kiri situs MatahariMall.com. Daftar harga kamera mirrorless bisa juga diatur dari yang highest price sampai ke lowest. Nah dari situ kamu tinggal pilih mana yang sesuai dengan budget kamu.
  
Memang sih terkadang membeli kamera itu tidak ada yang murah semurah beli bakwan. Tapi ini investasi, kamu bisa gunakan kamera ini beratus-ratus kali dan sampai bertahun-tahun. Dan bijaknya situs MatahariMall.com ini, kamu bisa mendapatkan kamera mirroless yang kamu inginkan dengan pembayaran cicilan (angsuran). Lebih mudah, kan?

Every good thing comes with a price, but it really worth. Just try to browse it. Kamera mirrorless, the easiest way to capture everymoment you want to keep in mind.


Minggu, 13 November 2016

SI JOMBLO RADIKAL BEBAS


Who is Free Radical?
Akhir-akhir ini sedang banyak gebrakan tentang diet sehat (diet detox) dan banyak produk-produk suplemen diet yang menjelaskan bahwa produknya dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas dianggap berbahaya bagi kesehatan tubuh. Nah, sebetulnya apa sih radikal bebas itu?

Radikal bebas itu adalah molekul bebas yang memiliki dengan elektron tidak berpasangan dan bersifat sangat reaktif. Biasanya radikal bebas mencari elektron lain dari senyawa didekatnya dan menyebabkan kerusakan pada senyawa tersebut. Saya mengibaratkan Radikal Bebas itu seperti laki-laki yang sedang mencari pasangan dan  gencar (reaktif) dalam mencari pasangannya. 

Radikal Bebas ini suka enggak pandang bulu, dia suka mencari elektron dari senyawa lain dan menyebabkan senyawa lain itu menjadi tidak stabil. Senyawa yang direbut elektronnya oleh si radikal bebas ini biasanya seperti senyawa karbohidrat, lemak dan DNA dengan cara mengoksidasi. Senyawa-senyawa tersebut berperan sangat penting dalam tubuh, nah kalau stabilitasnya terganggu oleh “perampasan” elektronnya, struktur kimia senyawa tersebut juga ikut berubah dan bisa merubah fungsi asal senyawa itu sendiri. Perubahan struktur kimia ini membuat senyawa yang tadinya penting bagi tubuh ikut-ikutan menjadi radikal bebas dan bisa menyebabkan terjadinya kanker, degradasi enzim, cardiovasicular, mutasi gen atau penuaan dini (OMG!).

source


Dimana Radikal Bebas itu berada?
Radikal bebas itu sendiri bisa berasal dari luar tubuh seperti pestisida, polusi, ozon (O3), radiasi dan percaya atau enggak kebiasaan merokok juga dapat memicu timbulnya radikal bebas ini. Baca juga ini. Kalau ditelaah lagi dan membaca lebih banyak artikel tentang radikal bebas, radikal bebas itu berbahaya ya bagi tubuh. Hal yang akan paling terlihat itu mungkin ketika kita mengalami penuaan dini, para wanita pasti sangat menghindari hal ini. Selain karena keindahan kulit menjadi berkurang, kesehatan badan juga jadi terganggu, kan? Oleh karena itu, masyarakat sekarang sudah banyak concern terhadap pemilihan asupan makanan yang mungkin secara tidak sengaja tercemar baik itu oleh debu, polusi atau lainnya.

Pasangan yang seperti apa yang cocok untuk Radikal Bebas?
Sekarang ini lingkungan sudah tidak sesteril dulu, banyak polusi dimana-mana radiasi, ozon, dan hal itu enggak bisa kita hindari. Terus apa kita harus beraktivitas dalam rumah terus biar tidak terserang radikal bebas? Atau malah jadi tidak mau bergerak kemana-mana? Tentu saja enggak. Kita enggak perlu takut dan jadi insecure yah sama lingkungan kok.

There are always goodness and badness in life. Ada baik buruk, ada hitam putih, ada kaya miskin. Kalau radikal bebas itu badness, pasti ada goodness nya kan? Yang saya tahu, kebalikan dari radikal bebas itu sabeb lakidar... haha. I’m just kidding, don’t be so serious, ok.

Yang saya tahu kebalikan a.k.a penangkal radikal bebas itu adalah antioksidan. Antioksidan dipercaya dapat memberikan sebagian elektronnya kepada radikal bebas, tanpa merubah jati diri antioksidan menjadi radikal bebas juga. Kalau senyawa lain yang dirampas elektronnya akan menjadi tidak stabil, kalau antioksidan akan tetap stabil. Antioksidan dapat mencegah oksidasi yang dilakukan radikal bebas, sehingga radikal bebas tidak menularkan sifat reaktifnya ke senyawa lain dan tidak dapat memperbanyak molekulnya lagi dalam tubuh.



Dimana antioksidan berada?

Antioksidan bisa kamu dapatkan dari makanan juga loh, seperti dari buah-buahan segar, sayur-sayuran, kacang-kacangan dan teh hijau. Perbanyak makan-makanan tersebut untuk mengurangi radikal bebas yang ada dalam tubuh, meskipun kamu masih merasa sehat-sehat saja tapi akan lebih baik untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas itu sendiri, kan? Happy good living!


Rabu, 02 November 2016

AKU DAN TEKNOLOGI


Mengenal blogging sekitar tahun 2009, saat itu aku mulai menulis dan ternyata sangat menyenangkan. Tapi, disaat itu juga aku mengalami kesulitan terutama masalah editing dan posting. Agak ribet karena untuk me-upload postinganku di blog, aku harus bolak-balik ke warnet untuk mendapatkan jaringan. Belum lagi kalau isi postinganku lebih banyak gambar/foto dibandingkan tulisannya, aku harus foto menggunakan camera digital lalu meng-copy­ ke dalam laptop baru bisa diupload. Sangat memakan banyak waktu.
Tahun 2016 ini, aku memutuskan untuk kembali menulis dan kali ini aku merubah gaya menulisku diblog. Setiap hal atau ide pemikiran yang ingin aku post selalu aku catat dalam notes dan terkadang ide itu muncul ketika sedang melakukan aktivitas diluar rumah sendirian atau bersama teman-teman dan keluarga.
Aku juga selalu menentukan jadwal memposting tulisan di kalendar. Aku lebih memikirkan konten apa yang harus aku posting yang aku tulis lebih terarah dan punya inti penting disetiap postingannya. Sebelum upload tulisan, aku selalu membaca artikel yang berkaitan sebagai referensiku. Aku sering membaca forum femaledaily.com dan media sosial lainnya sebagai referensi mengenai isu-isu yang sedang hangat dibicarakan itu seperti apa.
Agar disukai banyak pembaca, biasanya aku menambahkan ornamen dengan warna-warna yang eye-catchy atau foto-foto yang bagus dan berkaitan dengan isi tulisan agar dapat menarik minat pembaca. Menurutku, gambar/foto itu penting karena dengan visualisasi yang menarik tentu saja orang tidak akan mudah bosan untuk melihat.
Start from take notes and write on it, mark my calendar, take picture, editing, writing and upload the post... It’s literally wasting my time besides I have to do other things. Banyak kegiatan diluar membuat aku kehabisan waktu untuk duduk di depan meja dan blogging. I can barely do it one by one.
Beruntungnya, aku dipertemukan dengan Samsung Galaxy J7 (2016). It’s like my new personal assistant! Aku bisa menggunakan fitur notes dan kalender pada handphone ini, sehingga menjadi lebih mudah dalam mengorganisir kegiatanku. Oh ya, aku juga enggak perlu bawa kamera lamaku lagi untuk mengambil foto, karena dengan handphone ini aku mendapatkan hasil foto dengan resolusi tinggi. 
Click this to see more!

Untuk kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP F1.9 (sama dengan camera digitalku), sedangkan kamera depannya memiliki resolusi sebesar 5 MP ditambah dengan front flash, palm selfie, wide selfie dan beauty mode. Jadi aku bisa mengganti Photo Profile di blog atau media sosial lainnya dengan lebih mudah, girls love selfie. Selfie isn't about narcism no more, it's about make your face smiling constantly and gives you positive vibe. Dipermudah lagi dengan fitur jaringannya sudah 4G LTE jadi tidak ada kendala untuk mengupload file yang besar.

see more
Aku juga enggak perlu khawatir memori handphone akan mudah penuh dengan draft postingan dan foto-foto, karena RAM dari handphone ini sebesar 2GB dan dapat build-up dengan memori eksternal sampai 128GB. Tampilan dari handphone ini sangat slim (151,7 x 76,0 x 7,8)mm dan cukup ringan (169 g). Lebih ringan ketimbang aku harus mebawa buku catatan dan laptop kemana-mana, kan? Hehe. Semua bisa aku lakukan dengan menggunakan smartphone ini. Really, it’s really smart helper. Tampilannya layarnya sebesar 5,5 inch cukup untuk browsing dan menonton video tutorial. Case handphone ini ada 3 pilihan warnanya, yaitu gold, black dan white. Sangat elegan dan eksklusif!
Satu lagi! Handphone ini menggunakan baterai dengan kapasitas 3300 mAh yang pastinya enggak gampang lowbat. Dengan adanya handphone ini sangat membantu aku, mungkin bloggers lainnya juga bisa menggunakan seri ini untuk menemani aktivitas sehari-hari nya dan tetap menulis.

www.samsung.com
Untuk pilihan lainnya dengan spesifikasi yang sama, kamu bisa gunakan Samsung Galaxy J5 (2016). Hanya ukurannya saja yang lebih kecil dari Samsung Galaxy J7 (2016), tergantung kebutuhan kamu. Dengan bantuan teknologi yang sudah canggih seperti handphone ini, aku berharap teknologi dapat membantu memudahkan semua pekerjaan dan bermanfaat buat semua orang.

So with this review, you can helped by J7 or J5 as your personal assistant for blogging or even just for taking picts in every single time with this one handy gadget! Thank you, Samsung!