Minggu, 27 Januari 2013

D.I.Y: KASBON

Assalamu'alaikum mas blog..
Gini, tahun baru itu identik kan dengan resolusi, wishes for better future. Nahm resolusi tahun 2013 ini, gue berharap bisa hidup hemat. Secara sekarang gue udah ngekos, idup sendiri, jd gue harus bisa ngatur uang seeebaik mungkin. Biar gue tau setiap hari itu gue ngeluarin berapa banyak duit, gue bikin buku kas.. Ini buku guna banget pokoknya, karena dengan adanya buku kas gue bisa ngendaliin pengeluaran gue dan ngendaliin sifat gila belanjanya gue haha.
Keeeh, langsung aja ya, bahan-bahan yg gue butuhkan:
  1. Kertas warna-warni ukuran A4,
  2. Karton hitam,
  3. Pensil,
  4. Cutter, dan
  5. Penggaris.

Gambar 1. Bahan-bahan pembuatan buku kas. Sumber: milik pribadi

Dan ini cara membuat bukunya:

Gambar 2. Pola tabel. Sumber: milik pribadi
Pertama, ambil satu lembar kertas, lo lipat kertasnya jadi dua bagian yang sama. terus lo bikin tabel kayak yg gue bikin (gambar 2). Disitu ada 7 kolom, sisakan bagian antara unjung kertas dengan unjung tabel. Tujuannya supaya kertas ini nanti ga balapan dengan covernya pas nanti sudah jadi buku. ukuran setiap kolomnya 4 cm, baris pertama itu ukurannya 1 cm, baris kedua 0,5 cm, dan baris ketiga 7 cm.
Pola ini lo fotokopi, sekitar 25 lembar sampai 30 lembar salinan.
Gambar 3.a. Penggandaan Tabel. Sumber: milik pribadi
Gambar 3.b. Tabel kas yang sudah digunting. Sumber: milik pribadi
Selesai fotokopi, lo gunting tabel-tabel tadi, gue saranin motongnya pakai cutter dengan penggaris, biar lebih rapih (gambar 3.b). dari 25 lembar kopian kertas tadi, bisa dipakai untuk membuat 50 tabel, 1 tabel ini bisa diisi untuk menulis pengeluaran kalian selama 1 minggu. Sisain bagian atas tabelnya, buat nanti di-ring.

Gambar 4. Cover. Sumber: milik pribadi
Buat covernya, gunting karton hitamnya seukuran dengan A4, terus lipat jadi 2 bagian. Lo hias deh tuh cover depannya, terserah mau gimana. mau tulisan doang, atau bikin karikatur, tempel stiker, dll. Make it by your own creativity.
Dan tadaaaaa... Ini buku kas tahunan hasil bikinan gue

Gambar 5. Buku Kas tampak depan. Sumber: milik pribadi
Gambar 6. Bagian isi buku. Sumber: milik sendiri
Gambar 7. Bagian isi buku2. Sumber: milik sendiri



Nah, kalo lo gimana? :) Selamat berkreasi dan selamat berhemat! Caoo..
XOXO
Alia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar