Minggu, 27 Januari 2013

D.I.Y: KASBON

Assalamu'alaikum mas blog..
Gini, tahun baru itu identik kan dengan resolusi, wishes for better future. Nahm resolusi tahun 2013 ini, gue berharap bisa hidup hemat. Secara sekarang gue udah ngekos, idup sendiri, jd gue harus bisa ngatur uang seeebaik mungkin. Biar gue tau setiap hari itu gue ngeluarin berapa banyak duit, gue bikin buku kas.. Ini buku guna banget pokoknya, karena dengan adanya buku kas gue bisa ngendaliin pengeluaran gue dan ngendaliin sifat gila belanjanya gue haha.
Keeeh, langsung aja ya, bahan-bahan yg gue butuhkan:
  1. Kertas warna-warni ukuran A4,
  2. Karton hitam,
  3. Pensil,
  4. Cutter, dan
  5. Penggaris.

Gambar 1. Bahan-bahan pembuatan buku kas. Sumber: milik pribadi

Dan ini cara membuat bukunya:

Gambar 2. Pola tabel. Sumber: milik pribadi
Pertama, ambil satu lembar kertas, lo lipat kertasnya jadi dua bagian yang sama. terus lo bikin tabel kayak yg gue bikin (gambar 2). Disitu ada 7 kolom, sisakan bagian antara unjung kertas dengan unjung tabel. Tujuannya supaya kertas ini nanti ga balapan dengan covernya pas nanti sudah jadi buku. ukuran setiap kolomnya 4 cm, baris pertama itu ukurannya 1 cm, baris kedua 0,5 cm, dan baris ketiga 7 cm.
Pola ini lo fotokopi, sekitar 25 lembar sampai 30 lembar salinan.
Gambar 3.a. Penggandaan Tabel. Sumber: milik pribadi
Gambar 3.b. Tabel kas yang sudah digunting. Sumber: milik pribadi
Selesai fotokopi, lo gunting tabel-tabel tadi, gue saranin motongnya pakai cutter dengan penggaris, biar lebih rapih (gambar 3.b). dari 25 lembar kopian kertas tadi, bisa dipakai untuk membuat 50 tabel, 1 tabel ini bisa diisi untuk menulis pengeluaran kalian selama 1 minggu. Sisain bagian atas tabelnya, buat nanti di-ring.

Gambar 4. Cover. Sumber: milik pribadi
Buat covernya, gunting karton hitamnya seukuran dengan A4, terus lipat jadi 2 bagian. Lo hias deh tuh cover depannya, terserah mau gimana. mau tulisan doang, atau bikin karikatur, tempel stiker, dll. Make it by your own creativity.
Dan tadaaaaa... Ini buku kas tahunan hasil bikinan gue

Gambar 5. Buku Kas tampak depan. Sumber: milik pribadi
Gambar 6. Bagian isi buku. Sumber: milik sendiri
Gambar 7. Bagian isi buku2. Sumber: milik sendiri



Nah, kalo lo gimana? :) Selamat berkreasi dan selamat berhemat! Caoo..
XOXO
Alia

Jumat, 18 Januari 2013

NEW POWER

Hello mas bloggggggg... curhat dong..
as you have known, TIP bukan tempat perkuliahan yg mau gue jajaki. Gue mau jadi arsitek, gue mau kuliah di SAPPK-ITB
but god tell me "what i want, doesn't mean what i need".

muak kebangetan saat gue harus menjalani apa yg gue gasuka. Gue udah coba buat ikhlas, dan merelakan "arsi" gue melambai-lambai menjauh.
tapi tetep aja, ada rasa "kenapa gue harus ke sini?".
belum lagi gue harus tidur sendirian, dikosan.. kamar kecil, kamar mandi yg di luar, jalan masuk yg sempit.
ga ada mama yg biasanya bangunin gue tiap pagi buat shalat dan mandi
ga ada mama yg biasanya siapin teh anget sama roti panggang isi gula sama margarin
ga ada tangan yg biasanya gue cium sebelum gue berangkat menjalani hari. Astagfirullah...

Allah has another plan. Seiring berjalannya waktu, gue banyak menemukan hal-hal penting di awal tahun perkuliahan gue ini. Salah satunya "semangat". Dengan kemuakkan, dan ketidak-terimaan gue karena ga lolos SAPPK-ITB, gue mencari-cari kemana semangat gue berada #ututututu. Gue butuh teman-teman yg punya cahaya semangat setiap kali gue bersama mereka.
Dan gue menemukan Tia, Inong, Ina, Icung, Niken, Ijah di TIP. Merekalah yg bikin gue semangat buat kuliah di TIP. Kalau aja gue ga ketemu mereka, udah dah ini hidup bakal hampa banget, bolos kuliah, ngunci pintu kosan rapet-rapet trus bobo.
Mereka temen-temen yg gue suka. sapaan, senyuman, dan tawa canda yg gapernah lepas dari raut wajah mereka. Love 'em! Berkat mereka gue dapet nama baru "Ale", karena mereka gue mulai menyukai TIP, gue mulai menyukai biologi dan kimia, gue mau belajar membagi waktu dan mau berorganisasi, dan mau bersusah payah untuk dapetin nilai A di setiap mata kuliah yg gue ambil di semester 1 ini. Mereka selalu semangatin gue kalau gue udah mulal kangen rumah, mereka yg marahin gue kalau gue udah berusaha buat titip absen.
Tia yg pinter banget bagi waktu, Inong, hottest yg gapernah berenti nyeritain Korea, Ina yg caleuy haha, niken Ms. ijo yg jago banget goyang maut, Icung yg kece pinternya, dan Ijah yg kakaknya dikejar-kejar sejuta umat dan yg rumahnya deket rumahnya Agung ehehehe.

Ina, Inong, Icung, Niken, Ijah, Tia, Ale
Terimakasih banyak ya sudah mau berteman dengan Ale, semoga kalian ga bosen sama Ale. Maaf yg besaaaaar buat kalian kalau Ale bikin salah atau bikin kalian ga enak hati.